Jalan-jalan ke Kamboja Part II: Siem Reap

by - September 05, 2015


Melanjutkan dari perjalanan sebelumnya di Ho Chi Minh dan Phnom Penh kali ini gw akan membahas perjalanan di Siem Reap, kota terdekat dengan Angkor Wat.

Day 4 Night
Di Siem Reap kami menginap di daerah backpack yaitu di White Villa Boutique, Jalan Sok San Street.
 White Villa Boutique

Hotelnya semalam cuma Rp 200.000,- lho berdua, tapi bagus gitu isinya (tau gitu cari yang lebih murah hehehe). Kami pesan Tuk Tuk driver dulu ke hotelnya untuk perjalanan besok. Lalu cari makan di Angkor Night Market.

Day 5
Esoknya, akhirnya datang juga hari dimana kami akan pergi ke Angkor Wat. Jam 04.30, kami sudah siap di resepsionis hotel buat nanyain Tuk Tuk driver pesanan, tapi ternyata hotelnya lupa mesenin :((

Setelah berantem dulu dengan pegawai Hotel (hahahaha), akhirnya kami naik tuk tuk yang lewat depan hotel dan pergi ke Angkor Wat. Lucky for the Tuk Tuk Driver tentunya, mungkin ada benarnya pepatah "Bangun pagi biar rejeki tidak dipatok ayam". Soalnya si Tuk Tuk Driver ini, bangun pagi-pagi, ketemu kami, terus jadi langganan kami selama di Siem Reap. Namanya Knak, dengan alamat email di: hi_knak@yahoo.com.

Nah, sebelum pamer foto-foto selama di Angkor Wat (hehehehe), sebelumnya kita lihat dulu peta dari kompleks per-temple-an ini. Angkor Wat itu hanya salah satu temple dari kompleks percandian di daerah situ. Alkisah, setiap raja Kamboja yang berkuasa, biasanya mereka membuat candinya sendiri-sendiri. Misal Angkor Wat merupakan Candi Hindu yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada pertengahan abad 12.


 Biar deh agak oversized dan nabrak kanan dikit.. Yang penting jelas


Jadi urutan kunjungan ke kompleks candi-canti itu sebagai berikut:
1. Angkor Wat
2. Angkor Thom
3. Bayon.
4. Chau Say Tevoda
5. Thommanon
6. Ta Phrom
7. Banteay Kdei

Nah ini, dia penampakan tiap tempat:
1. Angkor Wat
Dari pagi, orang-orang sudah berkumpul di danau depan Angkor Wat, untuk melihat keindahan matahari terbit disana. Setelah menunggu, akhirnya muncul juga mataharinya.
Sunrise di Angkor Wat


Numpang narsis

Puas lihat sunrise, kami beranjak ke kompleks dari Angkor Wat sendiri. Nuansanya lebih mirip dengan Prambanan daripada Borobudur.
Jalan masuk kompleks Angkor Wat

Di dalam Angkor Wat


2.  Angkor Thom


3. Bayon
Depan Bayon

Dalam Bayon (dengan pose gak jelas)


4. Chau Say Tevoda

 Chau Say Tevoda
5. Thommanon
Thommanon



6. Ta Phrom

 Candi Tomb Raider

7. Banteay Kdei
Gak foto-foto, sudah terlalu lelah hahahaha..

Beres muter-muter candi, kami cari makan di dekat Hotel. Dan gak lupa mencoba makanan khas dari Kamboja yaitu Amok.
Amok

Rasanya sihhh seperti Gulai Ikan pakai santan yaaa.. Enak, tetapi gak segitunya sih menurut kami. Lalu, gw dan teman gw coba makanan Kamboja yang lain yaitu Lok Lak. And it's taste deliciousssssss... (Kelamaan gak makan daging sih lebih tepatnya, jadinya dikasih daging langsung senang).

Lok Lak

Habis makan, kami ke Hotel dulu untuk istirahat, dannn malamnya ke Angkor Night Market. Shopping timeeee! Dan di Angkor Night Market ini barangnya lucu-lucu dan bagus-bagus. Harganya walau dalam dollar, tapi murah-murah. Ah coba dollar lagi murah, jauh lebih murah lagi deh. Pasarnya outdoor tapi berupa kumpulan kios begitu.. Bikin betah deh pokoknya..

Night Life in Siem Rieap

Day 6
Hari terakhir di Siem Reap, kami pergi ke War Museum. Dan datangnya ternyata kepagian hahaha, jam 8 udah di Museum tapi guidenya belum ada. Muter-muter bentar dan akhirnya guidenya datang sekitar jam 9.

Oleh Mas Guide kami diceritakan sejarah peperangan melawan rezim Pol Pot. Ternyata Pol Pot itu bukan nama aslinya dan kepanjangan dari Politic Potentiale.  Dia merupakan generasi awal Kamboja yang dikirim untuk sekolah di Eropa. Pol Pot dikirim ke Perancis dan disana dia tertarik dengan konsep Komunisme.

Singkat cerita, ketika kembali ke Kamboja, sedikit demi sedikit dia memiliki kekuasaan. Dan pada tahun 1975, mengambil alih Kamboja. Namun, hal pertama yang dia lakukan adalah mengosongkan Phnom Penh, menangkap warga-warga yang berpendidikan atau memiliki level pekerjaan menengah ke atas, seperti Guru, Militer, Dokter, dsb.

Lalu, rakyat pun dipaksa untuk melakukan bertanam, dengan hasil tanam dikumpulkan ke Pemerintah dan diekspor ke Luar Negeri. Sistem pemerintahan yang kejam ini berhasil menewaskan 3 juta dari 8 juta rakyat Kamboja dalam 3 tahun.

Setelah 3 tahun itu, Pol Pot menyingkir ke perbatasan dengan Thailand, berperang dengan oposisinya. Peralatan perang inilah yang masih tersimpan di War Museum Siem Reap. Dan hampir semuanya asli.

Isi Granat (ternyata banyak pelurunya)


Tank yang beneran dipakai pada masa perang


Human real bones inside the tank


Nyoba nembak-nembak

Ranjau Darat, masih banyak yang tersisa dan menghantui keselamat rakyat Kamboja


Pada tahun 1998, Pol Pot wafat, perlawanan dari Khmer Merah pun berakhir. Walaupun banyak pasukan Khmer Merah masih hidup, namun mereka diterima kembali oleh Rakyat Kamboja. Karena balas dendam tidak akan menyelesaikan masalah. Jujur, malah perjalanan paling seru ya di War Museum ini, mendengarkan kisah peperangan itu, bikin pilu.
 
Dari War Museum, kami pergi ke Royal Palace (tapi kecil istananya dan hanya foto di depan) dan Killing Fields. Beres muter-muter, kami pergi ke Bandara dan pergi ke Bangkok dengan AirAsia lagi.

Catatan tentang Siem Reap: Kalau lebih lama di Siem Reap, ada beberapa tempat yang masih ingin kami kunjungi, antara lain:
  • Banteay Srei  
  • Kbal Spean
  • Floating Market  
Maybe for the next trip :). Dari Siem Reap, kami naik AirAsia lagi untuk pergi ke Bangkok. Baca kisah perjalanannya disini.

Kalau ada yang mau itinerary-nya, bisa didownload disini. Tabik!

You May Also Like

15 comments

  1. Pengin banget ke Angkor Wat. Kapan-kapan deh ...

    ReplyDelete
  2. Wah... mao nanya nanya dunk...
    Add fb ato line ya.....
    @tjanmui
    Vietnam bisa langsung naek bus ke Kamboja ya..?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Mba Naila...saya dan istri ada rencana mau ke Angkor bulan agustus ini...kalo berkenan saya mau nanya2 dong....hatur nuhun pisan sebelumnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Mas Rizali. Boleh banget mas kalau mau nanya2, ada email yang bisa dihubungi?

      Delete
  4. Selamat siang, saya 3 september ke siem reap, boleh bagi tips nya hehe, bishubungi line saya setyatantra :)

    ReplyDelete
  5. Saya pernah ke Ho Chi Minh dan Bangkok. Bagaimana kalau dibandingkan dengan Phnom Penh dan Siem Riep? Mau ke Kamboja ragu karena kabarnya belum Semaju kedua tetangganya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho Chi Minh dan Bangkok tentu lebih besar dan lebih maju daripada Phnom Penh dan Siem Reap. Namun walau lebih kecil, Kamboja ramah turis dan kemana-mana juga cukup mudah, tinggal naik Tuk Tuk. Dan recommended bagi yang ingin pergi ke Angkor Wat atau ke Museum-museum tentang masa peperangan di Kamboja. Kalau bangunan modern dan monumen dkk, masih belum banyak.

      Delete
  6. halo, boleh minta itinerary plus biaya nya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ryani,
      Bolehhh, ada alamat emailnya biar bisa saya kirim? Tks

      Delete
  7. Mau juga dong itin nya, disana sekali makan abis berapa dolar? Di siem reap ada mall ga? Hahahha
    Celho_new@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. hi, naila!!!
    aku bakal pergi ke siem reap + bangkok nih bulan juni tahun depan. boleh gak kalau aku minta id line atau kontak kamu via email? Tertarik banget buat ngobrol sama kamu soalnya kelihatanya kamu asik (lol) dan ramah, i would like to ask some tips on traveling (especially as a muslimah woman) because my trip to siem reap next year will kick off my traveling abroad experience. So, mau minta tipsnya dari kamu. Thanks yah sebelumnya, have a good day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga Imbaby Seuta,

      Boleh bangeet kalau mau ngobrol. Kamu ada Instagram gak? Kalau ada, direct message aja yaa ke IG saya (nailafithria)! Lebih cepat saya balasnya kalau lewat sana. See you!

      Delete
  9. assalamualaikum mbak...nanya donk, pas di pnomphen n siemp reap..nyari makanan halal dimana? Susah gak crinya..AK liat mbak posting loklak n amok hehehe

    InsyaAllah mau jalan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Siem Reap, dekat Hotel tempat saya menginap, White Villa Boutique.
      (Ngecek Gmaps dulu) Kalau ga salah sepertinya di Jalan Funky Ln, disitu ada Muslim Family Kitchen.

      Delete